Pages

Friday, February 10, 2012

Weight Loss Tips - Bagaimana cara menurunkan berat badan

Mempunyai tubuh yang langsing dan sehat tentu merupakan dambaan setiap orang. Yang menjadi masalah adalah, bagaimana menjadikan tubuh kita ideal? Bagaimana caranya agar tidak kegemukan? Bagaimana cara menurunkan berat badan?

Berikut ini beberapa cara yang bisa kita coba untuk menurunkan berat badan:

1. Minum air putih minimal 8 gelas sehari. Hindari minuman bersoda atau minuman ringan.

2. Makanlah dalam porsi kecil, misalnya 5-6 kali sehari. Makan dalam porsi kecil bisa menjaga gula darah tetap stabil, dan yang pasti bisa mengontrol nafsu makan. Bila kita merasa masih kenyang, otomatis saat tiba waktunya jam makan (makan di meja atau makan berat) akan berkurang porsinya.

3. Makanlah secara perlahan-lahan.
Orang yang cara makannya terburu-buru biasanya badannya gemuk. Bila makannya pelan-pelan, saat nafsu makan sudah hilang, berhentilah makan. Sehingga tidak ada makanan berlebih yang tersimpan.

4. Bila siang hari bekerja, sarapanlah dengan makanan yang manis, sehingga kalorinya akan dibakar dan  kita pakai saat bekerja atau beraktifitas.
Bila siang hari hanya akan tidur, ubahlah pola makan.

5. Biasakan berjalan kaki.
Bila ada lift dan tangga, pilihlah lewat tangga. Dengan demikian energi akan terpakai, bukan hanya disimpan dalam tubuh.

6. Ambil makanan dalam jumlah kecil dan itulah yang kita makan.
Bila kita makan, tatapi masih melihat adanya banyak makanan, kemungkinan kita akan tambah lagi porsi makan kita. Atau bila memakan snack, ambil secukupnya, sisanya yang di dalam kemasan jauhkan dari jangkauan kita atau disembunyikan.
Misalnya saat menonton TV, bila kita meletakkan makanan di dekat kita, kita akan sulit mengontrol jumlah makanan yang masuk ke tubuh kita. Tahu-tahu semua makanan masuk ke tubuh kita. Dan biasanya setelah perut kenyang, lalu ngantuk dan kita tertidur saat menonton TV, padahal kalori yang masuk ke tubuh sudah banyak dan hanya akan tersimpan di dalam tubuh kita.
Bila jumlah makanan yang ada di hadapan kita jumlahnya sedikit, maka sedikit pula yang kita makan.

7. Makan makanan yang banyak mengandung air, seperti ketimun, zuccini, tomat. Atau salad dan sup karena mengandung nutrisi yang baik.

8. Olah raga secara teratur.
Pilih olah raga yang sesuai, dilakukan secara teratur dan terus menerus.
Tapi setelah olah raga dan merasa lapar jangan langsung makan, sama aja dong kalau gitu, sia-sia saja kalori yang sudah kita bakar jika langsung makan.

9. Lakukan pekerjaan rumah sehari-hari seperti mengepel, berkebun, dll. Dengan demikian kalori yang tersimpan akan diubah menjadi energi.

10. Jika aktifitas harian hanya duduk-duduk (misalnya di depan komputer), perhatikan jumlah makanan yang masuk ke tubuh.

11. Sebisa mungkin makanan yang masuk ke tubuh seimbang dengan energi yang kita keluarkan sehingga tidak ada penimbunan kalori berlebihan di tubuh.

12. Pikirkan bahwa kita itu langsing.
Bila masih belum langsing atau kurus, berusaha terus agar timbunan lemak bisa pergi atau hilang dari tubuh kita.

13. Niat yang kuat.
Tanamkan niat dalam diri bahwa aku bisa menurunkan berat badanku sampai titik ideal. Selagi ada godaan lagi, ingatlah bahwa kamu sedang dalam program menurunkan berat badan.

Ada yang mau menambahkan?

No comments:

Post a Comment